banner 728x250

Vanuatu Akan Mengangkat Papua Barat, Masalah Perubahan Iklim Di Leaders Summit

Avatar photo
banner 120x600

ist

TOTIO, THETPN-PBNEWS.Com- Perdana Menteri Bob Loughman termasuk di antara para pemimpin regional yang berkumpul di Fiji untuk KTT Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik (PIF) ke-51 di Suva, Fiji, minggu ini.

PM Loughman meninggalkan Port Vila pada Sabtu sore dengan delegasi berat. Pertemuan 3 hari dibuka kemarin. Perdana Menteri Vanuatu juga diharapkan melakukan pembicaraan bilateral dengan para pemimpin forum lainnya dan negara-negara anggota terkait.

Sumber dekat Kantor Perdana Menteri mengatakan perubahan iklim adalah salah satu agenda PM Loughman yang akan diangkat selama KTT.

Sumber itu mengatakan Loughman juga diharapkan mengangkat isu West Papua. Pertemuan 3 hari biasanya diakhiri dengan resolusi.

Presiden Sementara Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda, berada di Port Vila minggu lalu dan dia juga diharapkan berada di Suva ini sebagai bagian dari perjuangan rakyat Papua Barat untuk mendapatkan kemerdekaannya dari Indonesia.

PIF merupakan satu-satunya organisasi regional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setiap tahun, PIF harus bertemu di hadapan Majelis Umum PBB. Sudah menjadi tradisi bagi para Pemimpin PIF untuk bertemu dan membahas isu-isu bersama yang akan mereka angkat dan pertahankan di Sidang Umum PBB.

Admin : Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *