banner 728x250

TPNPB Gadungan Lakukan Perlawanan ke Devisi II Makodam Pemka IV Paniai

Avatar photo
banner 120x600



Gerilyawan TPNPB-OPM (Ist Dok : tpnpb-opm)



TOTIO, THE TPN-PBNEWS.com – TPNPB gadungan buatan KNPB Paniai yang dipimpin oleh Daud Derek Nawipa dan Matius Gobay pada Rabu (12/1/2022) malam sempat melakukan perlawanan terhadap TPNPB-OPM Devisi II Makodam Pemka IV Paniai.

Berikut kronologis kejadiannya dihimpun media ini.

Anggota TPNPB-OPM Devisi II Makodam Pemka IV Paniai melakukan acara penggalangan dana melalui pertandingan bola voli mulai pada Senin, 11 Januari 2022 di desa Obaidagi, distrik Topiyai, Paniai.

Pertandingan tersebut berjalan dengan lancar selama 3 hari tanpa ada hambatan ataupun gangguan. Namun di malam hari tepat pukul 11.00 WPB, pasukan Kodap 4 Paniai melakukan piket penjagaan dengan membagi personelnya pada tiga titik penjagaan yang dicurigai akan mengganggu kenyamanan selama pertandingan berlangsung.

Kelompok Linus Degei menempati titik pertama di sepanjang Dagouto. Titik kedua mengambil posisi di arah kepala air Kali Ekadide, dan yang ketiga mengambil tempat di jalan Trans Nabire-Ilaga di Pasir Putih.

Sayangnya, kelompok ke tiga yang ditugaskan di Pasir Putih di bawah pimpinan Andi Mote dikejar oleh orang tak dikenal (OTK) menggunakan 4 buah unit sepeda motor. Dari empat buah sepeda motor tersebut, diketahui dua motor menggunakan lampu dan lainnya tidak.

Motor-motor tersebut mengejar kelompok Andi Mote. Kemudian Andi menghentikan mereka (OTK) dan menanyakannya soal pengejaran yang dilakukannya. Nanum mereka (OTK) tak merespon hingga salah seorang dari kelompok OTK kencing celana di tempat dan yang lainnya berusaha memanggil teman-temannya. Setelah memanggil teman-temannnya, mereka (OTK) langsung mengeluarkan tembakan sebanyak 12 kali ke arah Andi Mote dan kawan-kawannya.

Adapun senjata yang mereka gunakan saat itu antara lain; Laras panjang V1 SS2 milik TNI POLRI dan yang lain rakitan, termasuk senjata yang dilas buatan kabupaten Dogiyai dan kampung Diyai.

Hingga saat ini, kelompok Kodap 4 Paniai sedang menunggu kedatangan Derek Daud Nawipa alias Bola Oni Nawipa yang juga merupakan salah seorang guru di SD Negeri TOPO. Dia beralamatkan di Kompleks Kodim, Nabire dan adiknya Kepala Distrik Kebo serta Matius Gobai dan komplotannya untuk menanyakan alasan pengejaran yang dilakukannya.



Pewarta : vullmembers Alampa
Editor : Makimee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *