Breaking News
banner 728x250

TNI POLRI Melanggar Standar Hukum Humaniter Usai PBB Segerah Melakukan Investigasi Dugaan Pelanggaran HAM Berat Di West Papua

Avatar photo
banner 120x600
banner 468x60

Foto korban rakyat sipil di pegunungan bintang Tahun’ 2023

Lapago, THETPN-PBNEWS.COM — Disampaikan kepada Militer Indonesia untuk menjamin hak asasi manusia terhadap warga sipil di wilayah konflik bersenjata di Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Intan Jaya, Kabupaten Puncak, Fak-Fak dan sejumlah daerah konflik lainnya di West Papua.

banner 325x300

Mary Lawlor UN Special Rapporteur for human rights defenders Selama konflik bersenjata yang terjadi di Pegunungan Bintang, Fak-Fak, dan Yahukimo telah terjadi penembakan secara langsung yang dilakukan oleh Tentara dan Polisi Indonesia terhadap 9 orang warga sipil.

Otoritas Militer Indonesia mengatakan bahwa 5 orang yang ditembak mati pada 13 September 2023 adalah anggota TPNPB namun, pihak TPNPB mengklaim bahwa 5 orang tersebut adalah warga sipil menurut laporan pers yang diterima oleh media thetpn-pbnews.com Vullmembers Alampa

“Sebelumnya di pada 9 September 2023 otoritas Militer Indonesia juga telah melakukan penembakan terhadap 4 warga sipil di Fak-Fak hingga para korban meninggal dunia setelah mengalami luka tembak yang begitu serius ditubuh mereka. Namun, hingga sekarang para pelaku tersebut belum juga di proses hukum.

Komunitas hak asasi manusia secara global didesak untuk melakukan investigasi sejumlah kasus penembakan terhadap warga sipil di West Papua yang dilakukan oleh Otoritas Militer Pemerintah Indonesia sebab, kasus tersebut merupakan kasus terberat dan menurut kami Pemerintah Indonesia tidak dapat menyelesaikannya sesuai rekam jejak pelanggaran HAM yang telah terjadi di West Papua.

Deklarasi PBB pada 10 Desember 1948 sudah menjamin hak asasi manusia di West Papua. Maka PBB segera melakukan investigasi dugaan pelanggaran HAM berat yang sudah lama terjadi bahkan yang sedang terjadi lagi pada September 2023 yang mengakibatkan 9 warga sipil ditembak mati oleh Militer Indonesia*.

Redaksi: Gen-RR Vull Members Alampa melaporkan

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *