banner 728x250

TNI-Polri Masih Upayakan Pembebasan Pilot Susi Air, Wapres: Papua Aman

Avatar photo
banner 120x600

Papua- Pilot pesawat Susi Air Kapten Philip M masih disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Paro, Nduga, Papua pada 7 Februari 2023 lalu. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu disandera oleh KKB Pimpinan Egianus Kogoya.
 
Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan pasukan gabungan TNI-Polri siap melaksanakan operasi untuk membebaskan pilot Susi Air Philips Max Mehrtens.
 
Dia menyatakan akan mengerahkan sumber daya yang dimiliki TNI dan Polri termasuk BIN dan yang lainnya untuk membebaskan pilot pesawat Susi Air bernama Philips Max Mehrtens tersebut.
 
Saleh Mustafa mengatakan saat ini tim gabungan TNI-Polri sedang melakukan pendekatan dialog atau soft approach melalui tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Pemerintah Daerah Nduga.
 
“Selama ini upaya penyelamatan terhadap Capt Philip dilakukan secara soft approach, yakni dengan cara negosiasi,” ungkap Saleh Mustafa.
 
Sementara itu dalam pendekatan soft approach, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, pihaknya masih menunggu Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge bernegosiasi dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.
 
“Ya kita tunggu dulu. Karena dari Bupati minta waktu dia akan nego dulu. Ya sudah kita penuhi permintaan Bupati Nduga,” ujar Yudo.
 
Penyanderaan pilot susi air merupakan satu dari sekian banyak kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.
 
Tercatat kejahatan yang dilakukan kelompok pimpinan Egianus Kogoya tersebut terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, delapan aksi penyerangan, tiga aksi pembantaian, dan dua aksi pembakaran.
 
Sebagai informasi, KKB Papua juga ditetapkan sebagai teroris yang mengganggu persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemerintah akan terus berupaya dalam memberantas kelompok separatis Papua untuk menciptakan kedamaian yang ada di bumi cendrawasih tersebut.
 
Terkait dengan penyanderaan pilot Susi Air, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan bahwa keadaan di Papua aman. Wapres pun meyakini bahwa terciptanya keamanan merupakan salah satu kunci utama dalam melaksanakan pembangunan di Papua.
 
Oleh karena itu, ia meminta jajaran pengamanan wilayah dapat terus mengawal terciptanya suasana aman dan damai di wilayah Papua.
 
“Petugas keamanan, ada kapolda, pangdam, danrem, dan akan dilakukan pengawalan-pengawalan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *