banner 728x250

TNI Pantau Mabes West Papua Army Pakai Camera Drone

Avatar photo
banner 120x600

Foto:TNI Pantau Mabes West Papua Army Pakai Camera Drone

Paniai -THETPN-PBNEWS.COM — Drone pengintai milik militer TNI memantau markas besar West Papua Army (mabes WPA) di Paniai pada hari Selasa, (2/4/2024) siang pukul 13:39 WP.

Menurut Panglima Tertinggi WPA RR Demianus Magai Yogi bahwa ada pantauan camera udara milik TNI siang ini namun dirinya tidak tahu penyebabnya.

“Saya kaget, kamera udara pantau kami dari udara. Pas ambil senjata mau tembak tapi mereka cepat tarik kembali,” ujar Panglima Tertinggi WPA RR Demianus Magai Yogi.

Drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah pesawat tanpa awak (unmanned) yang dikendalikan oleh komputer atau remote control. Alat ini memiliki kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh.

Yogi menegaskan, jika pantauan udara tersebut dalam rangka persiapan perang gerilya maka disarankan beritahu pihaknya dengan baik agar bisa menentukan lokasi perang guna melindungi korbannya warga sipil.

“Apabila terjadi serang oleh TNI, kami tidak mundur dan kami mulai senjata perang di wilayah Meepago yang selama ini diam,” katanya.

Yogi selaku pimpinan menaungi tiga komando TPNPB OPM, TNPB dan TRWP tidak mundur apapun resikonya, sebab jiwa dan raganya untuk tanah air West Papua.

“Kami tetap terima di medang markas kami,” ucapnya.

“Kami sampaikan kepada militer Indonesia perlu jaga hukum humanity internasional konvensi Jenewa tahun 1949. Jangan sampai warga sipil jadi korban atas serang tersebut karena TNI terbangkan kamera Umudara siang hari,” kata dia.

Drone tingkat militer dan Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) taktis meliputi drone helikopter, sUAS, RPAS (sistem udara yang dikendalikan dari jarak jauh), untuk misi ISR (Intelijen, pengawasan dan pengintaian) dan ISTAR (intelijen, pengawasan, akuisisi target, dan pengintaian).

Saat ini TNI AU masih mengoperasikan drone jenis ANKA dan CH4. (*)

Redaksi: Gen RR Vull Members Alampa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *