banner 728x250

Selama Terjadi Konflik Bersenjata Di West Papua Militer Indonesia Telah Mengakibatkan Jatuhnya Korban Jiwa

Avatar photo
banner 120x600

(Foto Jatuhan korban rakyat sipil karena operasi militer tahun 2023)

Oksibil, THETPN-PBNEWS.COM — Selama terjadi konflik bersenjata di West Papua Militer Indonesia telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari pihak sipil di wilayah konflik bersenjata sebagaimana yang telah terjadi di Oksibil dan Yahukimo selama bulan september 2023 dan sebelumnya juga terdapat ribuan orang mengungsi di Nduga, Intan Jaya, Maybrat, Serui dan Pucak Papua selama terjadi kontak senjata diawal tahun 2023.

Banyak pengungsi yang telah menjadi korban di tempat-tempat pengungsian di West Papua akibat kekurangan Obat-Obatan, Makanan, Air Bersih dan Pakaian serta tempat tinggal yang tidak layak huni seperti yang dialami oleh ribuan orang di Nduga dan Intan Jaya dalam tahun 2022.

Di Oksibil pada 18-22 September 2023 terdapat puluhan keluarga mengungsi secara lokal akibat terjadinya kontak senjata Militer Indonesia yang mengakibatkan seorang warga sipil dan seorang anggota TPNPB West Papua Arny kritis setelah mengalami luka tembak dalam aksi tersebut.

Selain dari kedua belah pihak yang menjadi korban, dan puluhan keluarga mengungsi mencari tempat tinggal yang aman dan menghindar dari wilayah konflik.

Konflik tersebut juga mengakibatkan sejumlah bangunan warga di bakar oleh militer TNI-POLRI yang telah terjadi di Oksibil pada 18 September 2023.

Dengan demikian disampaikan kepada tim kemanusiaan untuk memantau situasi konflik bersenjata di Oksibil yang telah mengakibatkan banyaknya korban jiwa dari pihak sipil bahkan terdapat 3 warga yang ditembak untuk segera memberikan perawatan medis dan sebagainya.

Redaksi: Gen-RR Vull Members Alampa melaporkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *