Breaking News
banner 728x250

Sasaran Operasi Militer Di Bongkar Bangunan Gereja GKII Jemaat Labora Kampung Maki Kecamatan Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Avatar photo
banner 120x600
banner 468x60

ILAGA, THETPN-PBNEWS.COM — Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Jemaat Labora Kampung Maki Kecamatan Ilaga Utara Kabupaten Puncak West Papua menjadi sasaran operasi militer pemerintah indonesia hingga bangunan Gereja dibongkar dalam beberapa hari lalu yang beredar luas di media .

banner 325x300

“Kepala suku Kabupaten Puncak Yanianus Waker mengatakan operasi militer Indonesia yang mengakibatkan sebuah Gereja menjadi rusak di Kabupaten Puncak terdapat juga di Nduga, West Papua terlihat dalam foto yang kami lampirkan terdapat seorang anggota Tentara Indonesia TNI yang menodongkan senjata serbu laras panjang ke sebuah bangunan Gereja di Kabupaten Nduga.

Selain itu Pemerintah Indonesia menggunakan memaksa masyarakat sipil untuk menangkap pasukan sayap militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di wilayah Ilaga, Puncak Papua yang saat ini sedang terjadi konflik bersenjata antara militer Pemerintah Indonesia dengan TPNPB sebagai sayap militernya Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pihak TNI Polri diminta untuk menjamin Hukum Perang Internasional (Hukum Humaniter) terhadap warga sipil di wilayah konflik bersenjata sesuai Konvensi Geneva PBB Tahun 1949 tentang Hukum Humaniter Internasional perlu mematuhi dan menghargai oleh setiap pihak yang bermusuhan, ketika terjadi konflik mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan.

Sebagaimana yang telah terjadi khusus penembakan di wilayah konflik bersenjata di Puncak Jaya, Puncak Papua, Wamena, Intan Jaya, Nduga, dan sejumlah wilayah lainnya di West Papua bahkan telah terbukti bahwa masyarakat sipil yang selalu menjadi korban penembakan hingga tewas bahkan Orang Asli Papua (OAP) maupun Pendatang (Imigran).

Dalam konflik bersenjata antara militer Indonesia dengan militer West Papua Organisasi Papua Merdeka (OPM) terlalu mengakibatkan kerugian yang sangat besar dialami oleh warga sipil di West Papua.

Banyak warga sipil ditembak mati dan luka-luka yang dilakukan oleh kedua belah pihak, rumah warga dibakar dan terkena peluru nyasar, hingga terjadi pengungsian di Nduga, Intan Jaya, dan wilayah konflik lainnya di West Papua.

Dengan demikian kami mendesak kepada dunia Internasional untuk segera menangani konflik yang sedang terjadi di West Papua hingga mengakibatkan terjadi pengungsian dan kematian bagi warga sipil di wilayah konflik bersenjata di West Papua tutupnya.

Redaksi

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *