banner 728x250

Pemimpin anak Gen Tadius Magai Yogi Tuan Jend . DEMIANUS M YOGI Turut Duka Atas Kepergian Bapak Sejarahwan KORANO YORDAN PIEGER.

Avatar photo
banner 120x600

Poto : KORANO YORDAN PIEGER, Demianus Magai Yogi dan Tadius Magai Yogi, 27/07/2023

TOTIYO PANIAI- THETPN-PBNEWS.COM Panglima Tertinggi West Papua Army Tuan Jenderal Demianus M Yogi menyampaikan Selamat Duka Nasional West Papua Atas kepergian atau Kehilangan seseorang Pemimpin Penasehat Dewan Militer dan demi mempertahankan sejarah 1 Juli 1971 Mabes Viktoria Papua New Niugini, agar kami tak lupakan atas karya perjuangan yang luar biasa dalam medan revolusi dan beliau adalah pemimpin revolusioner.

Yogi memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarga yang di tinggalkan agar Tuhan menghibur berdukacita menjadi sukacita dan Tuhan adalah pencipta manusia dapat menyertai, memperkuat serta memberikan kekuatan dapat penghiburan dan menenangkan serta mengurangi kesedihan yang tengah dialaminya.

Panglima Yogi sampaikan Yordan adalah salah satu orang disebut pendiri Markas Besar OPM TPNPB Victoria dan salah satu juga Pelopor Proklamasi 1 Juli 1971 serta pemimpin Penasehat Dewan Militer OPM TPNPB, almarhum Bapak Pemimpin KORANO YORDAN PIEGER Telah berakhir usia hari Rabu Tanggal, 26 Juli 2023, Di Markas Besar OPM TPNPB VICTORIA. berita duka terima postingan Facebook Tuan Jefri Pagawak, 26/07/2023.

Beliau Yordan adalah salah satu pemimpin sejarahwan perjuangan Bangsa Papua dan Pendiri MABES OPM TPNPB Victoria, Pelopor Proklamasi 1 Juli 1971, Dengan Jabatan Akhirnya sebagai Penasehat Dewan Militer TPNPB OPM, telah meninggal dunia di markas Besar OPM TPNPB Victoria pada Usia genap 100 Tahun.tukasnya.

Riwayat Sejarah Singkat: KORANO YORDAN PIEGER adalah Toko Masyarakat Adat Mamta Dari Suku MENANGGE Wilayah Perbatasan PNG WEST PAPUA, Pada 1961, YORDAN PIEGER Diangkat Sebagai POLISI Dari pemerintahan kolonial Australia Di Wilayah PNG.

Dengan Jabatan Kiap atau sekarang dikatakan camat atau kepala distrik didalam pemerintahan Kolonial Australia Di Wilayah PNG, YORDAN PIEGER, juga Sebagai pelopor perjuangan bangsa Papua Yang pertama Di Wilayah Perbatasan, Dan Berhasil mempersiapkan pendirian Markas Besar OPM TPNPB Victoria, Di wilayah perbatasan Dan YORDAN PIEGER Membawa Kabur Senjata Milik pemerintah Australia Dan lari Bergabung memperkuatkan perjuangan Bangsa Papua dengan Penyerangan Militer Di wilayah Indonesia perbatasan hingga holandia Jayapura.

Gagasan untuk membentuk Markas Besar OPM TPNPB Victoria sebagai tempat kekuatan perjuangan Bangsa Papua Serta tempat untuk membentuk asset asset perjuangan bangsa Papua secara Politik, Militer Dan Diplomacy, Telah digagas oleh YORDAN PIEGER, SADRAK WOI Dan Kawan kawannya Dari Beberapa Suku diperbatasan PNG, Sehingga Markas Besar OPM TPNPB Victoria Berhasil didirikan pada 12 February 1969.

Setelah pendirian Markas Besar OPM TPNPB Victoria, YORDAN PIEGER melangkah Menuju holandia Dan Memanggil Kaum Kaum intellectual seperti Almahrum Jacob Hendrik Prai, Marthen Tabu, Serta Beberapa Pemimpin Pemimpin Lainnya Dari Tujuh wilayah adat Papua Dan Beberapa Politisi Dari KOMITE NASIONAL PAPUA Yang dulu bekerja Sama dengan anggota anggota Dewan New Guinea atau NGR Untuk Mundur ke Markas Besar OPM TPNPB Victoria Dan lanjutkan perlawanan Melawan Kolonial Indonesia.

Almarhum KORANO YORDAN PIEGER. Yang telah melantik kepemimpinan Pertama Zet J Rumkorem Sebagai president Dan proklamator Bangsa Papua 1 July 1971 Dan melantik Jacob Hendrik Prai Sebagai Ketua Senaat pada Provisional government the Republic of West Papua Hingga perjuangan bangsa Papua Tetap dipertahankan Dan Di Internasionalisasi oleh pemimpin pemimpin perjuangan Bangsa Papua dibawah kepemimpinan Rumkorem dan Prai.


Almarhum KORANO YORDAN PIEGER mengkawal Ketat perjuangan bangsa Papua Hingga internasionalisasi perjuangan bangsa Papua Dari wilayah Melanesian, Pacific, Africa Caribbean, Eropa, Amerika Hingga Timur Tengah sampai di PBB dan Dunia International mengetahui perjuangan bangsa Papua, Dan hasil Dari Diplomacy tersebut, negara SENEGAL Dan VANUATU Menjadi Markas Perjuangan perlawanan Rakyat Papua Untuk Merdeka Dan Berdaulat.
Diakhir Jabatabnya sebagai Ketua Dewan Penasehat Militer OPM TPNPB Markas Besar Victoria,

Yogi terimakasih kepada Bapa KORANO YORDAN PIEGER atas perjuangan West Papua yang cukup luar biasa membela demi rakyat West Papua yang mengalami penindasan kolonial Indonesia dan beliau juga memberikan Tanah Adat Mamta Suku MENANGGE demi Kemerdekaan dan Kedaulatan Bangsa Papua, Berjuang Dari Tanah ini dan Jaga Markas Besar OPM TPNPB Victoria hingga dari Tanah ini Membangun Kembali masa depan seluruh Anak cucu Rakyat Bangsa Papua Yang Merdeka dan berdaulat.

Demianus Yogi adalah anak kandung Tadius Magai Yogi menyampaikan Atas Nama Rakyat Papua, selamat duka nasional kepada keluarga yang tinggal maupun seluruh pasukan TPN OPM ( West Papua Army) Menyampaikan Salam Duka Yang mendalam Kepada Seluruh Rakyat Papua didalam Dalam Negeri West Papua Dan seluruh Dunia International. Tutupnya

Editor : Mabes Totiyo Paniai West Papua Army

Redaksi : D yo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *