banner 728x250

Noken PAPUA Berisi Tulang Belulang Bangsa Papua Di Tangan Ibu Nanaia Mahuta Menlu New Zealand

Avatar photo
banner 120x600

TheTPN-PBNEWS.Com, Apakah pak Ir. Joko Widodo tidak sadar dengan pemberian NOKEN kepada Ibu Nanaia Mahuta?

Karena, NOKEN Papua itu berisi tulang belulang, tetesan darah,  cucuran air mata, penderitaan panjang bangsa Papua, pelanggaran berat HAM, rasisme, militerisme, genosida, marjinalisasi dan ketidakadilan, kegagalan Otonomi Khusus diserahkan kepada  Menteri Luar Negeri Ibu Nanaia Mahuta oleh Presiden Republik Indonesia bapak Ir. Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta  pada Senin 15 November 2021.

Rakyat dan bangsa Papua Barat melalui ULMWP segera mempertanyakan kepada Menteri Luar Negeri Selandia Baru  apa isi dalam NOKEN. Karena, menurut filosofi bangsa Papua, khusus orang Pegunungan NOKEN bukan alat politik, tapi roh dan hidup bangsa Papua. Dalam NOKEN selalu isi manusia dan barang-barang berharga dan juga makanan. NOKEN itu segala-galanya bagi bangsa Papua.. NOKEN adalah harga diri dan martabat kami.

Jadi, bangsa kolonial modern Indonesia tidak boleh atau jangan menyembunyikan akar konflik Papua dengan NOKEN kami. Orang Indonesia tidak berhak gunakan NOKEN miik rakyat dan bangsa Papua untuk kepentingan politik dengan cara-cara murahan.

Pak Jokowi, jangan tutup mata, tutup hati, tutup telinga, karena, “PAPUA ADALAH LUKA MEMBUSUK DAN BERNANAH DI DALAM TUBUH BANGSA INDONESIA” dan tidak bisa ditutupi dengan pemberikan NOKEN kepada Menteri Luar Negeri New Zealand.

(Gembala Dr. Socrates Yoman,MA) Ita Wakhu Purom, Rabu, 17 November 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *