banner 728x250

Ingatlah Perjuangan dan Kebebasan Bangsa Papua Masih Hidup

Avatar photo
banner 120x600

(Foto saat Tn Jenderal Tadiyus Yogi bersama pasukan di markas Eduda, kabupaten Paniai Enarotali (IST)

PANIAI, THETPN-PBNEWS.COM – Kebebasan dan kemerdekaan adalah perjuangan universal dan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh banyak negara dan masyarakat sepanjang sejarah, sama seperti perjuangan kemerdekaan bangsa Papua Barat.

Hal itu dikatakan Sekretaris OPM Pemka 4 Paniai H Yogi Selasa, (14/5/2024). bahwa para pejuang kemerdekaan bangsa Papua Barat maupun seluruh rakyat Papua Barat harus berjuang untuk hak-hak kebebasan Papua dari penjajah kolonialisme Indonesia.

Dalam kasus Papua, kata dia, perjuangan ini masih sangat hidup dan relevan hingga saat ini.

“Penting bagi kita untuk mengingat dan menghargai kebebasan dan kebebasan kita sendiri, karena kebebasan tersebut telah diperjuangkan dengan susah payah dan harus dijaga dengan tekun,” ujarnya.

Masyarakat Papua telah lama memperjuangkan hak kebebasan sendiri untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan dari Indonesia.

Pasalnya, menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, termasuk penindasan dengan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia, masyarakat Papua tetap berani membela hak dan tanah mereka.

“Kita tidak boleh menyia-nyiakan kebebasan dan hak kita sendiri, karena kebebasan dan hak tersebut diperoleh melalui pengorbanan dan perjuangan nenek moyang kita. Apalagi Thadius M. Yogi telah tinggalkan ruang perjuangan,” katanya.

Hanya dengan mengakui dan menghormati perjuangan-perjuangan ini kita dapat benar-benar menghargai nilai kebebasan kita dan memahami pentingnya membela hak-hak masyarakat tertindas, seperti masyarakat Papua.

Dengan mendukung perjuangan rakyat Papua, semua pihak tidak hanya membela keadilan dan hak asasi manusia, namun juga menegaskan kembali komitmen kami terhadap kebebasan dan demokrasi.

Sebagai pejuang, harus diingat bahwa perjuangan kemerdekaan bukan hanya perjuangan satu kelompok masyarakat saja, namun perjuangan kolektif semua pihak yang meyakini hak-hak dasar dan martabat setiap individu.

“Karena itu jangan sampai kita melupakan perjuangan masyarakat Papua yang terus berlangsung, dan marilah kita terinspirasi oleh keberanian dan ketangguhan mereka dalam menghadapi kesulitan,” katanya.

Saat merenungkan kebebasan, marilah sama-sama mengingat bahwa perjuangan untuk keadilan bahwa semua orang harus berdiri bersama dalam solidaritas perjuangan yang berupaya untuk hak dan kebebasan tanah Papua. (Yobo)

Redaksi: Gen RR Vull Members Alampa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *