banner 728x250

Harapan West Papua Army (WPA) Tiga Sayap Militer Komando Pertahanan Siap Kawal Agenda KTT II ULMWP Dan Mendapatkan ULMWP Masuk Sebagai Keanggotaan Penuh Di MSG

Avatar photo
banner 120x600

Foto Panglima Tertinggi West Papua Army” (WPA ) Sorong Sampai Merauke Tn Jendral Demianus M Yogi Bersama pasukan berani mati West Papua Army Totio,30 Desember Tahun 2022 Dok vull members Alampa.

WEST PAPUA, THETPN-PBNEWS.COM
Kemerdekaan Papua juga diakui Pemerintahan Belanda momentum pengakuan tersebut jatuh tepat pada tanggal, 1 Desember 1961, saat itu terjadi kepentingan negara Indonesia dan negara Belanda akhirnya perjanjian peralihan selama 5 tahun kedalam negara Indonesia, setelah itu terjadinya, Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969, itupun tidak jalankan dengan demokrasi sistem satu suara perorangan, melainkan mengunakan sistem perwakilan yang berujung pada suara bulat bergabung dengan Indonesia.

Akhirnya dua tahun kemudian, tepat pada tanggal, 1 Juli 1971 deklarasi Proklamasi Kemerdekaan Negara Papua Barat di pimpin oleh Zeth Jafet Rumkorem dan Jakob Prai mendirikan kelompok TPN OPM di Markas Vitoria Bewani PNG. Disitulah akar perpecahan terjadi, dan akhirnya beberapa kelompok gerilyawan muncul sendiri-sendiri dengan masing-masing pemimpinnya.

Tahun 1985, Pemimpin Perdana Menteri Vanuatu Tn. Barak Sope mengundang kedua pemimpin komando West Papua Zeth Jafet Romkrem antara Jacob Prai mempersatukan dan memberikan Rekomendasi/mandat di bagi menjadi dua Pertahanan yaitu Devisi l (satu) bagian pesisir pantai dan Devisi II (dua) Memonala bagian gunung jatuh di PEMKA IV Paniai di bawah pimpinan Jenderal Tadius Magai Yogi

Tahun 2005 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) melahirkan Dewan Militer di pimpin Nico Ipowau (Ketua), Oliva Gobai (Wakil) Tentara Papua Nasional Papua Organisasi Papua Merdeka (DM. TPNPB OPM),

Disitulah banyak kelompok militer west Papua nama yang berbeda dengan adanya penting untuk persatuan Pertahanan Papua Barat, di tengah perpecahan, Pada tahun 2018, telah bersatu kembali di Vanimo bukali Papua New Guinea melalui United Liberation Movement for West Papua [ULMWP]

Melalui Pra Kongres Luar biasa (PRA-KLB), menetapkan Nama persatuan Pertahanan antara tiga komando Yakni TPNPB, TNPB dan TRWP ketiga komando menjadi deklarator, melahirkan bersama persatuan baru sebagai wadah koordinatif yang namanya: West Papua Army (WPA) selanjutnya Deklarasi pada tanggal, 2 Mei 2019 di Vanimo Yako Papua New Guinea (PNG)

Panitia pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) militer belum di bubarkan untuk melanjutkan agenda kelanjutan yaitu: Kongres I West Papua Army (WPA), namun, ada manufer politik oleh pihak tertentu di dalam tubuh ULMWP, mereka mengumumkan Panglima diluar mekanisme forum sehingga Komando TPNPB, TNPB serta Dewan Militer mengeluarkan surat perintah pelaksanaan Kongres Darurat/ internal Kongres I berdasarkan Surat Instruksi Presiden ULMWP dan Kepala badan Badan Pertahanan Dan Keamanan ULMWP akhirnya Lahir Panglima Tertinggi West Papua Army, bernama Jenderal. Demianus RR M Yogi.

Surat keputusan telah di tanda tangani langsung oleh perwakilan dari tiga komando serta Dewan Militer, Saksi dari toko Adat setanah Papua dan mengetahui /menyetujui oleh Kepala badan pertahanan dan Keamanan ULMWP langsung saat deklarasi.

Seluruh komando tentara papua barat di undang Kepala Badan Pertahanan dan Keamanan ULMWP pada bulan Maret 2022 untuk melakukan Kongres Tingkat Tinggi (KTT) West Papua Army ke-I, (Satu) mengakui seluruh KTT yang di buat oleh anak bangsa sehingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Totiyo West Papua, pada tanggal, 9 sampai 13 Agustus 2021 secara resmi mengorbitkan Panglima Tertinggi West Papua Army dan Wakil Panglima Tertinggi adalah Brigjen. Fernando Worobay dari komando TNPB.

Maka dalam ini, kami pertahanan Tentara Papua Barat siap kawal KTT II ULMWP, Kami siap mendukung keputusan resmi melalui forum tertinggi dengan Thema damai, membebaskan manusia dan tanah Papua barat wujudkan secara demokrasi Di ULMWP.

Harapan Doa kepada seluruh pasukan maupun rakyat Papua mendukung sesuai sambutan panglima tertinggi jenderal Demianus M Yogi pada tanggal 1 Desember 2022, menyampaikan agenda nomor 3 (tiga) bahwa tahun 2023, United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) mendapatkan keanggotaan penuh di Melanesia Spearhead Group (MSG).

Redaksi: (Gen-D.R.R. Vullmembers Alampa )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *