banner 728x250

Gerakan kemerdekaan Papua Barat mengajukan kembali keanggotaan penuh di MSG

Avatar photo
banner 120x600

Sekretariat dari perwakilan ULMWP Freddie Waromi.foto: Sekretariat MSG (ist)

TOTIO,TheTPN-PBNews.Com– Aplikasi oleh United Liberation Movement of West Papua untuk menjadi anggota penuh Melanesia Spearhead Group (MSG) telah diaktifkan kembali.

Tahun lalu, ULMWP mengumumkan dirinya sebagai pemerintah sementara di pengasingan untuk West Papua, karena mendorong referendum kemerdekaan dari Indonesia.

Pj Direktur Jenderal Melanesian Spearhead Group, George Hoa’au (kiri) menerima sumbangan untuk Sekretariat MSG dari perwakilan ULMWP Freddie Waromi.

 Pj Direktur Jenderal Melanesian Spearhead Group, George Hoa’au (kiri) menerima kontribusi untuk MSG.

Beberapa tahun lalu, ULMWP mengajukan status keanggotaan penuh pada kelompok sub-regional yang anggota penuhnya adalah Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Vanuatu dan gerakan FLNKS Kanaks Kaledonia Baru.

Namun perwakilan resminya di Vanuatu, Frederick Waromi, mengatakan dia harus mengajukan kembali aplikasi ULMWP, setelah file sebelumnya hilang.

Berkas tersebut hilang saat Yamena Yauvoli dari Fiji menjabat sebagai direktur jenderal sekretariat MSG.

Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman akan mengambil alih kepemimpinan MSG dan telah disarankan ini akan menjadi waktu yang tepat untuk mengakui ULMWP sebagai anggota penuh.

dukungan kuat bahwa pemerintah berturut-turut di Vanuatu telah memberikan aspirasi penentuan nasib sendiri orang Papua Barat disebutkan selama pidato Presiden Sementara Pemerintah Provinsi ULMWP, Benny Wenda, pada Hari Papua Barat, 1 Desember, peringatan mantan Belanda Baru.Deklarasi kemerdekaan Guinea pada tahun 1961.Wenda mengatakan bahwa dengan bantuan Vanuatu, gerakan tersebut telah membuat kemajuan luar biasa sejak dimulai pada tahun 2014 dalam pertemuan puncak penyatuan bersejarah dari semua kelompok politik utama Papua Barat yang diselenggarakan di Port Vila.

Setahun setelah KTT, ULMWP diberikan status pengamat yang diperoleh di MSG, sebuah terobosan dalam pengakuan regional gerakan kemerdekaan Papua Barat.

Juru kampanye kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda pada KTT Forum Kepulauan Pasifik di Tuvalu, 2019. .juru kampanye kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda pada KTT Forum Kepulauan Pasifik di Tuvalu, 2019.

Pada tahun 2019, 18 negara di Forum Kepulauan Pasifik dan 81 negara di Organisasi Negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik mengakui perjuangan Papua Barat dan menyerukan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia agar diizinkan masuk ke Papua Barat.

Kami terus mendukung Vanuatu dan negara-negara Pasifik lainnya untuk mendapatkan resolusi di Dewan Hak Asasi Manusia dan Majelis Umum PBB,” kata Wenda saat pidato resmi Hari Papua Barat pekan lalu.

Ia mengatakan, sudah saatnya bangsa Indonesia mengakui perjuangan dan haknya untuk membentuk negara merdeka seperti mereka dari penjajahan Belanda beberapa tahun lalu.

Wenda mengatakan dia menjamin orang Indonesia yang saat ini tinggal di Papua Barat bahwa itu adalah rumah mereka juga.

Saya meminta pemerintah Indonesia untuk mengakui seruan kami untuk mengakhiri ini secara damai. Kami tidak ingin melihat pertumpahan darah lagi. Itulah sebabnya kami sekarang bersatu untuk membentuk pemerintahan sementara ini.

Utusan Khusus vanuatu untuk West Papua, Lora Lini, menyerahkan aplikasi United Liberation Movement for West Papua untuk keanggotaan penuh dalam grup Melanesia Spearhead kepada Wakil Direktur Jenderal MSG Peter Eafeare. .Anggota eksekutif uLMWP Paula Makabory (tengah) mengamati. Permohonan ULMWP untuk keanggotaan penuh MSG sebelumnya diajukan pada tahun 2019.Utusan Khusus Vanuatu untuk Papua Barat, Lora Lini, menyerahkan aplikasi kepada Wakil Direktur Jenderal MSG Peter Eafeare.

“Anda tidak perlu khawatir tentang Papua Barat yang merdeka. Kami akan menjadi tetangga yang damai untuk waktu yang lama”

Kami meminta secara damai, bukan dengan peluruh, bukan dengan bom atau pertumpahan darah tetapi melalui mekanisme internasional yang damai,” kata Wenda.

Indonesia, yang merupakan anggota asosiasi MSG, menentang klaim ULMWP untuk mewakili orang Papua Barat, dan telah mengesampingkan mengadakan referendum*.( vullmembers Alampa, MSG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *