banner 728x250

Gejolak Politik Papua Barat Tidak Bisa Di Sembunyikan Dari Fakta Sejarah

Avatar photo
banner 120x600

Foto Kristian Guriqpon

Oleh : (Kristian Griapon)

Dari sudut pandang saya, “kalau Orang Asli Papua diperlakukan yang layak diatas negerinya sendiri, serta merasa berkecukupan, atau dengan kata lain terpenuhi kebutuhan primernya, yaitu sandang (Pakaian), pangan (Makanan), papan (rumah yang layak), dan yang tidak kalah penting, yakni tidak tar marginalisasi dari tanahnya sendiri, saya yakin tidak ada perlawanan terhadap pemerintah yang berkuasa (Republik indonesia)”.

Kerajaan Belanda, selama menguasai New Guinea Barat , tidak ada perlawanan dari “Penduduk Asli Papua”, kenyataan ini menjadi sebuah pertanyaan yang mendasar, mengapa tidak ada perlawanan Orang Asli Papua terhadap Orang Belanda yang datang diatas Tanah Papua Barat?.

Padahal pada saat itu penduduk asli papua masih diliputi suasana keterisolasian dan belum sepenuhnya mengenal dunia peradaban modern, rangsangan emosional tradisinya masih tinggi terhadap interaksi pihak lain diluar sukunya sendiri (Rangsangan emosional yang dapat mengakibatkan pembunuhan, hingga perang suku).

“Perbedaan itu bukan untuk pembanding, namun harus dijadikan pijakan, mengorek fakta masa lalu, untuk melihat keadaan saat ini, dan menatanya ke depan, guna perbaikan yang mendasar terhadap jaminan perlindungan terhadap hak hidup Orang Asli Papua diatas negerinya sendiri”

Saya hanya mau kasi tau begini: “Kalau orang-orang yang datang ke Tanah Papua Barat dengan maksud baik membawah berkat bagi penduduk Asli Papua, saya yakin tidak akan terjadi Gejolak Sosial. Namun sebaliknya, kalau para imigran yang datang dengan tujuan untuk mencari rejeki, atau mengeruk keuntungan di Tanah Papua Barat, dan yang tidak kalah penting, yakni Me Marginalisasi Penduduk Asli Papua dari tanahnya sendiri, maka hal itu dengan sendirinya akan melahirkan perlawanan yang sifatnya horizontal maupun vertical, wasalam. (Kgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *