banner 728x250

Benny Wenda Dan Ambasador Mr. Oridek Ap Bertemu Pemimpin koalisi, Mr. Arnaldo Otegi Mondragon dan Gorka Elejabarrieta

Avatar photo
banner 120x600

Sumber https://t.co/fvbXgIY8sC/https://t.co/chx8nveb3h (Ist Dook :thetpn-pbnews)

TOTIO, THETPN-PBNEWS.Com- Kemarin, Senin 14 Februari 2022, Interim President of West Papua Hon. Benny Wenda bersama dengan Ambasador Pemerintah Sementara ULMWP untuk Uni-Eropa (EU) Mr. Oridek Ap bertemu dengan pemimpin koalisi partai nasionalis Basque (EH Bildu), Mr. Arnaldo Otegi Mondragon dan Gorka Elejabarrieta, Direktur Departemen Hubungan Internasional EH Bildu yang juga Senator Basque di Spanyol. Gorka Elejabarrieta Díaz adalah anggota senat (Parlemen) di Spanyol yang telah mengangat masalah West Papua pada Maret 2021 lalu.

Dalam cuitan akun Twitter resmi partai nasionalis Basque EH Bildu (@ehbildu), pertemuan dengan Prov. Gov. ULMWP tersebut, mereka menyatakan solidaritasnya dengan orang-orang West Papua. Mr. Arnaldo Otegi dan Gorka Elejabarrieta Díaz menyatakan mendukung perjuangan mereka (West Papua) dan menunjukkan solidaritas kami kepada rakyat West Papua di masa-masa sulit ini.

Tuan Arnaldo Otegi, dalam akun twitternya @ArnaldoOtegi (15/02) mengatakan “Hari ini saya senang bertemu dengan teman-teman kami @BennyWenda dan @Oridek dari ULMWP.”

Otegi mengatakan, mereka telah berbagi berita tentang perjuangan Basque dan mendiskusikan berbagai inisiatif untuk mendukung rakyat West Papua.

Pada 8 Oktober 2021, Parlemen Basque mengeluarkan mosi dukungan [terkait] dengan perjuangan West Papua. Resolusi tersebut mencatat bahwa, ‘lebih dari 500.000 orang telah tewas dalam genosida terhadap penduduk asli,’ mencela pelanggaran hak asasi manusia terhadap orang West Papua, dan menyerukan kunjungan PBB ke wilayah tersebut.

Mosi tersebut diusulkan oleh anggota Parlemen Basque, Oihana Etxebarrieta, dan Senator Gorka Elejabarrieta. Resolusi itu disahkan dengan dukungan bulat dari EH Bildu dan Partai Sosialis Spanyol, partai besar dalam koalisi penguasa Spanyol.

Resolusi tersebut mengikuti mosi yang disahkan Senat Spanyol pada awal tahun yang menyerukan kunjungan mendesak oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia. (*)


Sumber 1 (https://t.co/fvbXgIY8sC)
Sumber 2 (https://t.co/chx8nveb3h)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *