banner 728x250

Acara doa untuk menandai 60 tahun sejak ‘kelahiran’ West Papua di Pasifik.

Avatar photo
banner 120x600

Dok TPNPB Acara doa untuk menandai 60 tahun

TOTIO, TheTPNPBNews.Com – Orang Papua Barat secara damai akan menandai peringatan 60 tahun kelahiran Papua Barat minggu depan hari Rabu, 1 Desember 2021.

peringatan pertama pembentukan pemerintah sementara United Liberation Movement of West Papua (ULMWP).

.“Untuk orang-orang saya di rumah dan di seluruh dunia: ini adalah hari yang sangat penting dan penting untuk kita ingat,” kata presiden sementara Benny Wenda dalam sebuah pernyataan hari ini.

.“Ketika [bendera] Bintang Kejora dikibarkan oleh Dewan Nugini pada 1 Desember 1961, mereka membentuk cikal bakal bangsa Papua barat

Presiden sementara Benny Wenda saat peluncuran kebijakan Visi Negara Hijau selama COP26. Gambar: ULMWP
.“Saya meminta semua orang untuk merayakan hari ini melalui pertemuan doa yang damai. Kepada para pendukung solidaritas internasional kami, silakan gunakan kebebasan Anda untuk menunjukkan dukungan Anda bagi perjuangan kami, di mana pun Anda berada.

.“Upacara pengibaran bendera khusus yang dikoordinasikan oleh pemerintah sementara akan berlangsung di PNG, Vanuatu, Belanda, dan Inggris katanya.

Saya juga mengajak solidaritas Indonesia dan seluruh warga negara Indonesia untuk mendoakan kami dan menghormati hari nasional kami, sebagaimana kami telah menghormati hari kemerdekaan .”

Wenda mengatakan bahwa pada hari itu “kita akan mengingat orang-orang di semak-semak, khususnya ribuan orang yang mengungsi akibat operasi militer Indonesia di Intan Jaya, Nduga, Puncak Jaya, Maybrat dan Oksibil”.

.“Kami ingat bayi berusia dua tahun tewas di tangan pemerintah Indonesia bulan lalu,” katanya.

Permohonan untuk ‘mata waspada’
Wenda meminta dunia untuk mewaspadai setiap pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat pada 1 Desember 2021.

.“Sering terjadi pertumpahan darah yang dilakukan oleh TNI dan Polri. Kami tidak menginginkan ini – kami akan merayakannya dengan damai,” katanya.

“Tidak perlu melecehkan, mengintimidasi atau menyerang mereka yang sedang salat saya meminta pemerintah dan Presiden Indonesia untuk meninggalkan kita sendirian di hari nasional kita.
Waktu kita akan datang, dan suatu hari kita akan berdiri berdampingan sebagai tetangga yang baik.

.“Kami juga akan merayakan pengumuman dan kemajuan yang telah kami buat dalam dua tahun terakhir, dengan konstitusi kami, pemerintahan sementara, kabinet, dan baru-baru ini Visi Negara Hijau kami untuk bangsa.

.“Pemerintahan Sementara ULMWP secara konsisten mengakui semua proklamasi yang dibuat dalam sejarah perjuangan kita oleh para pemimpin Papua Barat sebelum kita.

.“Dengan langkah-langkah penting yang telah kami buat ini, saya mendorong orang-orang saya untuk bersatu dalam satu semangat untuk merayakan dan menggerakkan kami lebih dekat ke tujuan kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri untuk semua.

“Kami berharap perdamaian di Papua Barat, di Indonesia, kawasan dan seluruh dunia pasti Papua merdeka .”Vull

MENGETAHUI PANGLIMA TERTINGGI TENTARA PMEMBEBASAN NASIONAL PAPUA BARAT ORGANISASI PAPUA MERDEKA TPN-PB OPM SORONG SAMARAI

Brigjen Infanteri D.R.R DEMIANUS .M.YOGI ALIAS RIMBA RIBUT (RR)
Panglima Sorong Samarai
=====≠================

KOMANDAN OPERASI UMUM SORONG SAMARAI
-Tn Jendral Gusby Waker
-Tn Jendral Egianus Kogoya

KEPALA STAP UMUM SORONG SAMARAI

-Tn Jendral Dorteus Bonsavia
-Tn Jendral Goliat Naman Tabuni

MARKAS VIKTORIAL JUBIR TPNPB OPM SORONG SAMARAI
-Tn .Jendral Seby Sambom
-Tn .Jendral Vullmember Alampa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *